Menurut
Afriyadi, (2015), Komunikasi interpersonal yang efektif adalah penting bagi
anggota organisasi yang diharapkan dapat membawa hasil pertukaran informasi dan
saling pengertian (mutual understanding).
Komunikasi interpersonal
efektif dalam organisasi yang mencakup componential & situational, yaitu, komunikasi dalam
organisasi atau perusahaan dapat menentukan efektif atau tidaknya dalam suatu
penyampaian pesan atau perintah antar anggota organisasi, baik antara atasan
dengan bawahan (downward communication), bawahan dengan atasan (upward
communication), maupun antar anggota yang jabatannya setaraf (lateral
communication).
1. Componential
Menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan
mengamati komponen-komponen utamanya, dalam hal ini adalah penyampaian pesan
oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain dengan berbagai dampaknya
dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik dengan segera.
2.
Situasional
Interaksi tatap muka antara dua orang dengan
potensi umpan balik langsung dengan situasi yang mendukung disekitarnya.
Sumber: Afriyadi, Ferry. (2015). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Atasan
Dan Bawahan Karyawan PT. Borneo Enterpresindo Samarinda. Ejournal ilmu komunikasi,3(1). 362-376.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar